Benda-benda Paling Kotor di Pesawat Terbang dan Hotel

09.07
Benda kotor yang penuh kuman memang ada dimana-mana, namun tahukah kamu benda yang paling kotor di pesawat terbang?
Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs booking tiket pesawat dan hotel, Reservasi.com. Berikut ini benda yang paling sering disentuh dan terpapar oleh banyak kuman.


1. Pegangan Kursi Pesawat

Pegangan kursi jadi salah satu benda paling kotor di pesawat terbang karena hampir semua orang menyandarkan tangannya.
Pegangan kursi biasanya berbahan plastik dengan sedikit busa. Untuk kelas yang berbeda pegangan kursi tetap digunakan sebagai penopang tangan. Jika kamu sensitif terhadap bakteri dan kuman, sebaiknya cuci tangan setelah menyandarkan tangan sebelum makan.

2. Meja Lipat

Berdasarkan informasi yang dikuti yang dari The Telegraph, meja lipat adalah benda paling kotor di pesawat terbang. 
Meja lipat merupakan area yang paling sering terpapar sentuhan ratusan penumpang yang berbeda dari daerah dan negara yang berbeda-beda.
Tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan tissue basah atau antiseptik untuk membersihkan terlebih dahulu meja lipat yang hendak kamu gunakan sebagai alas makanan.

3. Gagang Pintu Toilet

Gagang pintu toilet di kabin pesawat terbang sangatlah unik. Pasalnya pintu toilet yang terkunci masih bisa tetap dibuka dari luar oleh awak kabin pesawat terbang dalam kondisi darurat.
Biasanya, setiap orang yang telah menggunakan toilet akan mencuci tangan. Terkadang dengan tangan yang masih basah, mereka menutup pintu toilet. Tanpa disadari kuman-kuman akan menempel di gagang pintu toilet tersebut.

4. Layar Sentuh Konsol

Pesawat kelas bisnis memiliki faslitas layar sentuh untuk mendengarkan musik favorit atau film-film pilihan. 
Layar konsol ini juga bisa digunakan untuk memainkan permainan. Namun, tak disadari jika layar konsol ini tak bisa terbebas dari kuman dan bakteri karena banyak disentuh oleh penumpang yang berbeda-beda dalam satu hari.

5. Lantai Kabin Pesawat Terbang

Tahukah kamu? Bahwa tidak semua penumpang memiliki perilaku sopan saat berada di pesawat terbang. 
Bahkan nih ya, beberapa penumpang dari negara tertentu malah tak sungkan untuk meludah sembarangan di karpet lantai.
Dan tahukah kamu? Lantai pesawat terbang yang dilapisi karpet merupakan bagian paling jorok di pesawat karena bagian yang selalu diinjak dan paling mudah terpapar kuman dan bakteri. 
Pastikan selalu mengenakan alas kaki ketika ingin ke toilet sekalipun.


6. Wastafel

Jangan pernah meminum air dari wastafel di kabin pesawat. Paling aman adalah mengkonsumsi minuman dalam kemasan yang tidak terpapar dari luar.
Wastafel dan keran air kerap merupakan bagian yang abai untuk dibersihkan. Selain harus mencuci tangan setelah dari toilet, bawa juga tissue basah sendiri agar tangan tetap bersih.

7. Buckle Sabuk Pengaman

Buckle Sabuk Pengaman termasuk jajaran benda paling kotor di pesawat terbang. Pasalnya hampir sulit untuk dibersihkan setiap transit atau berganti penumpang. 
Awak kabin tidak akan punya waktu yang cukup hanya untuk membersihkan semua buckle sabuk pengaman kursi pesawat terbang.

8. Handle Bagasi Pesawat

Kalau kamu selalu menjadi yang paling pertama membuka bagasi pesawat terbang, waspada. 
Karena hampir semua handle atau gagang tak pernah bisa lepas dari paparan bakteri dan kuman yang dipindahkan melalui kontak tangan.
Tetap waspada dan cuci tangan jika hendak makan setelah turun dari pesawat terbang.

9. Kantung Kursi Pesawat

Setiap kursi memiliki kantung di bagian belakangnya untuk menyimpan majalah dan petunjuk keselamatan. 
Banyak yang tidak sadar jika kantung ini, sebenarnya kerap kali dijadikan sebagai tempat sampah sementara selama perjalanan.
Pasalnya, tidak semua penumpang punya kebiasaan bersih. Terkadang kantung kursi ini pun dijadikan sebagai wadah sementara menyimpan popok bayi yang sudah digunakan. 
Bahkan yang melewati batas kerap menjadikannya sebagai tempat membuang permen karet hingga sampah lainnya. 

Benda-benda kotor tentunya tak hanya ada di pesawat terbang, namun saat kamu menginap di hotel, kamu juga kamu berhati-hati dengan benda paling kotor berikut ini:


1. Telepon

Ingin mendapatkan layanan kamar? Biasanya, telepon adalah hal pertama yang Anda tuju. 
Di hampir semua hotel bagian dari penyelidikan acara "Today", telepon menempati peringkat yang tinggi pada daftar barang paling penuh kuman. 

2. Remote TV

Jika di dalam rumah saja kebanyakan orang tidak membersihkan remote TV, apalagi di kamar hotel.
Beradasarkan informasi yang dikutip dari seorang ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Luisa Ikner, mengambil penyeka dari berbagai item di kamar hotel dan menemukan bahwa remote TV di setiap kamar berada di peringkat tertinggi dalam daftar barang berkuman.
Ikner menganalisa hasilnya di laboratorium dan menemukan "Koloni E. Coli" di antara pencemaran yang berpotensi akan bahaya lainnya. 
Dari penelitian ini menunjukkan ada kontaminasi tinja pada remote. "Jadi mungkin seseorang menggunakan toilet dan tidak mencuci tangan mereka ketika mereka selesai," jelas Ikner. 
Maka dari itu, alangkah baiknya untuk mensterilkan remote tv terlebih dahulu sebelum digunakan, minimal seka dengan tisu basah.

3. Selimut

Jika kamu merasa aneh dengan lapisan paling atas selimut di tempat tidur hotel, wah kamu tidak sendirian nih.
Memang selimut kasur dan kamar itu terlihat bagus, namun mungkin selimut tidak dibersihkan pada setiap penggunaan.
Sebuah investigasi yang dikutip dari CNN menemukan bahwa seprei hanya mungkin diganti empat kali setahun. 
Maka dari itu, jika kamu memiliki alergi alangkah baiknya membawa selimut tambahan, atau mungkin saja kamu tidak perlu menggunakan selimut hotel.

4. Gelas atau mug

Tahukah kamu? Ternyata beberapa penelitian telah menemukan bahwa banyak pelayan membilas gelas dengan cepat tanpa mencucinya. Wah, kalau sampai kayak gini jorok ya!
Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu mungkin bisa membilas dan menyekanya gelas atau mug yang akan kamu gunakan dengan tisu kering sebelum digunakan.

Jika sedang mencari hotel online murah, cek langsung di www.reservasi.com saja. Potongan harganya berlimpah dan hingga Rp1 Juta lho.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »