Kewajiban Mengeluarkan Zakat Bagi Umat Muslim

02.21
Berikut Macam maca zakat dan perhitungannya

Zakat merupakan suatu kewajiban yang harus dikeluarkan seorang muslim dan jika ditinggalkan maka hukumnya dosa. Mengapa zakat begitu penting? Karena kita sebagai umat muslim diajarkan untuk saling tolong menolong dan diluar sana ada begitu banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan kita. Pengertian zakat sendiri tidak sesederhana itu. Ada 2 macam zakat dan perhitungannya yang mungkin belum kita pahami.

Macam-macam zakat dan perhitungannya

Disini akan dijelaskan macam-macam zakat dan perhitungannya. Ini begitu penting karena kita harus mengetahui kadar pemberian zakat dan bagaimana perhitungannya.

1. Zakat Fitrah

Seperti yang kita ketahui, zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan satu kali dalam setahun. Tepatnya pada tanggal 1 syawal sesaat setelah matahari penghujung bulan ramadhan tenggelam sampai sebelum sholat idul fitri tiba. Khusus untuk kepala keluarga atau pimpinan keluarga, ia wajib membayar zakat fitrah setiap anggota keluarganya. Perhitungan zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah sebanyak satu sha’ atau setara dengan (3,5 liter/2,5kg). Yang terdiri dari makanan pokok seperti beras, daging, sayur, ayam dan lain-lain.

Zakat fitrah diyakini mampu mengatasi dan mengurangi jiwa-jiwa kelaparan yang masih banyak sekali di luar sana. Seorang muslim yang rutin setiap tahunnya mengeluarkan zakat fitrah juga dipercaya dapat membersihkan dirinya dari berbagai amalan buruk yang pernah ia perbuat. Ia akan kembali suci di mata Allah. Sungguh besar manfaat yang didapatkan dari mengeluarkan zakat fitrah.

#JanganLupaZakat

2. Zakat Maal

Zakat maal merupakan zakat berbentuk harta benda dan juga wajib dikeluarkan minimal satu tahun sekali. Berikut akan dijelaskan macam-macam zakat maal beserta perhitungannya.

· Zakat emas & perak

Untuk seorang muslim yang memiliki emas dan perak, maka ia wajib mengeluarkannya sebagai zakat maal. Jika seorang umat muslim memiliki emas sebanyak 200 gram maka perhitungannya ia harus mengeluarkan 2,5% nya atau sekitar 5 gram nya. Dengan syarat emas tersebut sudah seutuhnya menjadi miliknya dan sudah mencapai nishab serta haul nya (1 tahun).

· Zakat Hasil Pertanian

Untuk seorang muslim yang memiliki lahan pertanian dan rajin mengolahnya, maka ia juga wajib mengeluarkan hasil pertaniannya sebagai zakat maal jika sudah mencapai nishab yaitu 5 wasaq (650 kg). Perhitungannya pun terdiri dari dua macam, khusus untuk lahan pertanian yang pengairannya alamiah maka kadar zakatnya 10%, pengairan oleh tenaga binatang atau manusia kadar zakatnya 5%.

· Zakat binatang ternak

Seorang muslim yang memiliki binatang ternak wajib mengeluarkan zakatnya. Binatang yang wajib dizakatkan yaitu kambing, sapi, kerbau, domba, unta, ayam dan burung. Contoh perhitungannya untuk kambing, minimal seorang umat muslim harus memiliki kambing sebanyak 40 ekor dan zakatnya hanya satu ekor kambing. Jika ia hanya memiliki 39 ekor maka tidak terkena kewajiban zakat.

Berikut adalah macam-macam zakat dan perhitungannya yang wajib kita ketahui sebagai umat muslim. Karena sesungguhnya setiap zakat yang dikeluarkan memiliki makna tersendiri di mata Allah SWT.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »