Memilih Tempat Bayar Zakat Online Terpercaya

09.34

Membayar zakat telah diatur dalam agama Islam, seorang muslim maupun muslimah wajib menunaikannya. Di pertengahan bulan Ramadhan ini kaum muslimin biasanya sudah mulai sibuk dalam mempersiapkan pembayaran zakat. Ada berbagai cara dalam menyalurkan zakat, bisa dibayarkan secara langsung ke lembaga/masjid dekat rumah atau bisa juga dibayarkan langsung ke penerima zakat yang berhak, misalnya orang dekat kita; asisten rumah tangga, tukang kebun, satpam rumah, dll. Pembayaran zakat dengan cara ini masih banyak kita temui di kalangan masyarakat. Salah satu sebabnya karena mereka lebih merasa yakin dan percaya membayarkan zakatnya ke orang dekat atau orang sekitar rumah yang sudah diketahui latar belakang kehidupannya. 

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak lembaga amil zakat, infaq dan shadaqah yang menjemput bola. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pembayar zakat atau muzaki yang ingin membayar zakat namun kesulitan dalam menyalurkannya mungkin karena di sekitar rumahnya tidak dijumpai lembaga zakat. Untuk itu sekarang membayar zakat bisa dilakukan dengan cara bayar zakat online terpercaya ke lembaga amil zakat yang terpercaya. Dalam memilih lembaga amil zakat online hendaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: 

1. Lembaga amil zakat tersebut sudah tedaftar di kementrian agama.
2. Lembaga amil zakat amanah dalam menyalurkan zakatnya.
3. Zakat diberikan kepada orang-orang yang berhak dan tepat sesuai dengan aturan agama.
4. Lembaga amil zakat transparan dalam memberikan informasi ke mana atau kepada siapa zakat kita diberikan. 
5. Lembaga amil zakat juga bisa menerima pembayaran lainnya seperti infaq, sedekah, wakaf, donasi kemanusiaan.



Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, insya Allah kita akan merasa tenang dalam menunaikan kewajiban yang sudah diatur dalam agama.

Salah satu lembaga amil zakat online terpercaya yang bisa menjadi pilihan adalah Baznas, sesuai dengan visinya “Menjadi pengelola zakat terbaik dan terpercaya di dunia.” Baznas memiliki tujuan diantaranya:

1. Mengoptimalkan penghimpunan ZIS dari kementerian, lembaga, instansi pemerintah, BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan masyarakat sesuai peraturan perundangan.

2. Mengoptimalkan program pendistribusian dan pendayagunaan ZIS dengan melibatkan BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, LAZ dan berbagai institusi terkait untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik.

3. Menguatkan kapasitas, kapabilitas dan tatakelola BAZNAS serta LAZ.

4. Menguatkan kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan Islam dan pihak-pihak lain yang relevan untuk mengoptimalkan sosialisasi dan edukasi ZIS serta dakwah.

5. Membangun sistem manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel sesuai dengan syariah dan PSAK 109.

6. Menyiapkan sistem dan infrastruktur BAZNAS dan LAZ sebagai lembaga keuangan syariah di bawah pengawasan OJK.

7. Mengembangkan sistem manajemen sumber daya insani yang adil, transparan dan memberdayakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »