Tips Bersepeda yang Sebaiknya Diperhatikan untuk Pemula

02.49

Bersepeda merupakan olahraga yang memang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain dapat memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh para pelakunya, olahraga bersepeda juga tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal untuk dilakukan. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan olahraga murah dan menyehatkan ini, berikut ini beberapa ulasan mengenai tips bersepeda yang baik dan benar, yang dapat memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh para pelakunya.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam olahraga bersepeda adalah pemilihan jenis sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuh para penggunanya. Selain ukuran sepeda, jenis sepeda pun juga harus diperhatikan, mengingat banyaknya jenis sepeda yang saat ini beredar dipasaran. Jenis sepeda yang diperuntukkan khusus untuk melakukan kegiatan olahraga sendiri terdiri dari beberapa macam, dimana setiap jenisnya diperuntukkan untuk berbagai medan yang berbeda. Pengetahuan mengenai jenis sepeda dan peruntukkan nya inilah, yang harus terlebih dahulu dikuasai oleh para calon pesepeda pemula.

Hal lain yang perlu diperhatikan, ketika seseorang hendak melakukan olahraga bersepeda, antara lain adalah:

· Pastikan bahwa Anda menggunakan pakaian bersepeda yang tepat serta perlengkapan keamanan yang tepat, seperti helm bersepeda, sepatu sepeda, dekker dan perlengkapan keamanan lainnya.
· Periksa terlebih dahulu kondisi sepeda yang akan digunakan, dan pastikan semua panel berfungsi dengan baik dan sempurna.
· Bawalah air putih ataupun air mineral ketika melakukan olahraga bersepeda. Air mineral ini harus Anda minum ketika melakukan olahraga dan sesudahnya, sebagai pengganti kalori yang telah terbakar selama melakukan olahraga bersepeda.
· Lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga bersepeda, dimana hal ini wajib dilakukan untuk memberikan peregangan pada otot dalam tubuh.
· Pilihlah jarak minimum terlebih dahulu, ketika Anda mengawali untuk melakukan olahraga bersepeda untuk pertama kalinya, dan tingkatkan jarak tersebut secara bertahap.


Untuk hal teknis pada saat melakukan olahraga bersepeda, lebih disarankan bagi Anda untuk memposisikan sedel lebih tinggi dari kemudi sepeda. Hal ini ditujukan agar otot pada lengan tidak tegang ketika memegang kemudi dan lengan memiliki pergerakan yang lebih leluasa. Selain itu posisi sedel yang lebih tinggi, memungkinkan kaki untuk diluruskan dan telapak kaki dapat menyentuh pedal sepeda secara lebih merata.

Tips bersepeda lainnya yang harus Anda perhatikan adalah posisi tubuh ketika melakukan kayuhan pada sepeda yang Anda gunakan, pastikan bahwa posisi kepala tegak lurus kedepan, meskipun tubuh pengayuh sepeda membungkuk. Gunakan selalu ujung kaki sebagai pusat tumpuan pada saat melakukan kayuhan pada sepeda. Lakukan olahraga bersepeda secara teratur dan berkala, agar tubuh dapat merasakan kesehatan secara optimal. Selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, agar tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »