Touring Mobil Tetap Menyenangkan dan Aman Menggunakan Tips Berikut Ini!

02.16

Bagi pemilik mobil pribadi, sudah sangat umum untuk bergabung dalam suatu klub mobil tertentu. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan info baru hingga teman baru. Untuk acara yang paling sering diadakan adalah touring ke kota tertentu atau tujuan tertentu secara bersama-sama. Touring ini tentu akan menyenangkan karena bisa jadi momen keakraban antar anggota dan bisa juga jadi ajang refreshing untuk pikiran Anda karena sekaligus liburan.

Umumnya touring ini tidak hanya menuju ke jarak dekat melainkan juga ke jarak yang jauh. Dengan perjalanan jauh, maka Anda harus menyiapkan fisik dan juga kondisi mobil yang prima. Dengan demikian maka Anda akan bisa selamat sampai tujuan lalu melanjutkan acara lainnya. Jika ada rencana touring, maka pastikan untuk perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kondisi fisik
Badan yang sehat wajib Anda miliki. Mungkin jika Anda bergabung dengan mobil lain maka bisa jadi penumpang nyaman saja. Namun beda jika Anda berkendara sendiri sehingga harus memastikan jika fisik memang kuat. Jika Anda merasa sakit, lebih baik batalkan acara touring karena bisa membahayakan keselamatan.

2. Cek kondisi mobil
Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya jika Anda melakukan berbagai macam persiapan sehingga perjalanan bisa kian maksimal. Beberapa komponen yang wajib dicek misalnya memeriksa oli mesin yang ada di mobil. Pastikan jika oli mesinnya penuh dan dalam jumlah cukup untuk bisa lakukan perjalanan. Air radiator menjadi bagian yang tak kalah penting. Air radiator ini kondisinya harus penuh dan diatas level tapi jangan sampai terlalu penuh juga. Cek juga selang air radiatornya. Lanjut ke bagian lain yakni pada bagian selang bensin dan juga filternya. Putaran kipas ini dilakukan belt dan juga motor listrik pun harus layak jalan.

3. Kapasitas penumpang
Demi keselamatan, jangan sampai Anda angkut penumpang lebih dari kapasitas kendaraan. Selain itu jika memungkinkan, Anda bisa ajak teman atau keluarga yang bisa menyetir mobil sehingga bisa bergiliran ketika menyetir mobil apabila Anda lelah.

4. Tetap di rombongan
Salah satu tantangan dalam melakukan touring adalah pergi bersama-sama dan harus bisa sampai bersama-sama. Oleh karena itu usahakan agar Anda tetap berada di jalur yang sama dengan rombongan. Jangan terlalu cepat, apalagi terlalu lambat sehingga ketinggalan.

5. Patuhi rambu lalu lintas
Yang terpenting adalah dengan selalu mematuhi semua aturan rambu lalu lintas. Dengan selalu taat pada aturan lalu lintas, maka Anda akan bisa lebih aman dan selamat hingga tujuan.

Apabila Anda lelah, usahakan untuk mengabari ketua rombongan sehingga bisa diantisipasi istirahat setidaknya beberapa menit atau jam agar Anda siap kembali. Berhati-hati dan tetap fokus adalah kuncinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »