Tips Kebagian Tiket Kereta Mudik Lebaran 2018

02.02

Libur Lebaran 2018 akan jatuh pada pertengahan bulan Juni mendatang. Hari Raya Idul Fitri sendiri akan dilangsungkan pada 15 hingga 16 Juni 2018. Persiapan pembelian tiket kereta mudik Lebaran sudah dapat dilakukan sejak H-90 atau mulai bulan Maret 2018. PT KAI (Kereta Api Indonesia) mengumumkan bahwa pemesanan tiket mudik telah dimulai sejak 1 hingga 30 Maret. Tanggal keberangkatan khusus jadwal kereta masa angkutan Lebaran ialah mulai 30 Mei hingga 28 Juni. Pemesanan tiket yang paling difavoritkan ialah H-3 serta H-1. Hal ini mengacu pada Lebaran 2017 di mana kenaikan transaksi pemesanan tiket terjadi hingga 250 persen jika dibandingkan dengan periode biasa. 

Tingginya peminat tiket kereta mudik ini tentunya meningkatkan persaingan dalam mendapatkan tiket. Konsumen yang hendak membeli tiket bisa mengisi data diri sebelum secara resmi melakukan pembelian pada tengah malamnya. Ini karena tiket kereta akan diperbarui tiap pukul 00.01 WIB. Koneksi internet juga harus bagus dan stabil guna melakukan pembelian tiket pada tengah malam. Selain itu, konsumen juga sebaiknya membeli tiket kereta pada OTA dikarenakan tahun ini tak lagi ada vending machine yang disiapkan pada tengah malam. Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian ialah metode pembayaran. Bayarlah lewat metode tercepat seperti internet banking ataupun kartu kredit. Ini akan memastikan tiket yang telah dipesan bisa segera terlunasi dan tak hangus karena melewati masa pembayaran. 

Tips Kebagian Tiket Kereta Mudik Lebaran 2018 


Apabila konsumen masih kehabisan tiket kereta mudik, maka konsumen disarankan untuk tidak menyerah serta mengecek kembali tiket pada satu jam berikutnya, yaitu pada pukul 01.00 hingga 02.00 WIB. Pantau juga daftar search tiket karena apabila ada konsumen lain yang membatalkan pembelian atau telat melakukan pembayaran, maka kursi secara otomatis akan tersedia kembali. Alternatif lain yang masih bisa diambil jika tiket benar-benar habis adalah membeli tiket kelas prioritas mulai dari Rp700.000 sampai dengan Rp900.000. Persaingan tiket pada kelas prioritas ini takkan seketat kereta api kelas lainnya karena harga yang lebih mahal. 

PT KAI turut memperkirakan bahwa saat H-7 Lebaran atau pada 8 Juni 2018 serta H-3 Lebaran atau pada 12 Juni 2018 adalah tanggal favorit permintaan pemesanan tiket kereta mudik. Artinya, permintaan pemesanan tiket akan paling tinggi pada tanggal-tanggal tersebut. Pada periode Lebaran 2017 silam, destinasi KA paling favorit ialah Kutoarjo, Yogyakarta serta Semarang. Harga tiket KA menuju kota-kota tersebut mulai dari Rp80.000 sampai dengan Rp485.000 tergantung dari kelas kereta yang dipesan. Kereta api kelas ekonomi tentu adalah yang termurah dan kelas prioritas adalah yang termahal. Demikian adalah aneka tips agar kita tetap kebagian tiket kereta api saat mudik Lebaran mendatang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »