Modal Penting Pengusaha Pemula : Berani Menghadapi Risiko

00.51
Menjadi seorang pengusaha pemula bukanlah hal yang mudah. Karena, seorang pengusaha pemula belum memiliki banyak pengalaman dan membutuhkan kerja keras ekstra agar bisa sukses dari usaha yang dijalaninya. Berbagai hal harus dimiliki sebagai modal agar seorang pengusaha pemula dapat menjalani bisnisnya dengan sukses. Baik berupa modal secara materi maupun kesiapan secara mental semuanya harus dimiliki oleh seorang pengusaha pemula. Salah satunya adalah keberanian dalam menghadapi risiko.


Jika Anda berniat menjadi seorang pengusaha, maka secara tidak langsung Anda merupakan orang yang tengah melawan arus. Karena, mayoritas orang memilih untuk bekerja di perusahaan atau korporasi untuk memiliki pendapatan secara rutin. Dengan keputusan Anda menjadi seorang pengusaha, maka berarti Anda sudah harus siap dengan konsekuensi yang ada. Karena, ada berbagai risiko yang akan Anda hadapi dengan menjadi seorang pengusaha. Berikut ini beberapa risiko yang akan Anda hadapi. 

Risiko pasang surut bisnis 

Berbisnis tidak melulu menghasilkan sesuatu yang manis alias keuntungan. Sebagai pengusaha pemula, Anda akan ditempa oleh berbagai situasi pasang surut bisnis yang sangat mungkin terjadi. Kondisi pasang surut tersebut akan selalu terjadi baik karena faktor internal bisnis yang Anda jalani maupun karena faktor eksternal atau kondisi ekonomi. Pengusaha pemula harus sadar betul akan hal ini dan siap untuk menghadapi risiko yang satu ini. 

Risiko hutang 

Sebagai seorang pengusaha pemula, memiliki modal yang memadai kerap kali jadi hal yang sulit. Akhirnya, untuk menambah modal dilakukanlah pinjaman modal usaha agar bisnis berjalan sesuai rencana. Saat Anda mengajukan pinjaman modal usaha, Anda harus paham betul bahwa Anda tengah berhutang dan harus siap untuk membayar cicilan dari hutang tersebut. Hal ini kerap kali menjadi kendala bagi para pengusaha pemula yang belum siap akan risiko hutang. Akhirnya, kredit macet pun tak terelakkan hingga membuat para pengusaha pemula kelimpungan untuk menyelesaikan pinjamannya. Sebagai solusi, Anda dapat menerapkan manajemen hutang yang baik agar sesuai dengan harapan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »